Selamat Datang Di Situs Resmi PARFI SUMBAR (Persatuan Artis Film Indonesia Sumatera Barat)
Home » » “Syamsul Bahri” Hadiri Festival Siti Nurbaya

“Syamsul Bahri” Hadiri Festival Siti Nurbaya

Written By ParfiSumbar on Kamis, 08 November 2012 | 03.35

PADANG, HALUAN — Artis Gusti Randa pemeran Syamsul Bahri dalam film Siti Nurbaya dipastikan menghadiri Festival Siti Nurbaya di Kota Padang yang digelar tanggal 2 hingga 9 Juli 2011 mendatang.

Sementara artis Novia Ko­lopaking pemeran Siti Nurbaya dan Him Damsyik pemeran Datuk Maringgih belum merespon un­dangan panitia.

“Undangan telah dikirim be­berapa pekan lalu. Namun hingga saat ini, baru Gusti Randa yang memastikan kedatangannya. Beliau menelpon kami pada Senin (27/6) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kami masih menuggu kon­firmasi Novia Kolopaking dan Him Dam­syik,” ujar Suardi, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang saat ditemui Haluan di ruang kerjanya pada Senin (27/6) kemarin.

Meski mengundang tiga tokoh dalam film Siti Nurbaya, namun sayangnya, tidak ada satupun acara tersebut yang berfokus pada Jem­batan Siti Nurbaya dan Gunung Padang. Padahal kedua tempat itu merupakan ikon legenda Siti Nurbaya.

Dari berbagai acara yang disusun panitia, Festival Siti Nurbaya 2011 ini dipusatkan di empat titik di Kota Padang, yakni di kawasan Taman Budaya, halaman Disbudpar Padang, Jalan Samudera Pantai Padang dan kawasan Pantai Purus Padang.

“Ini baru pertama kali dilaku­kan, sehingga belum memi­kirkan kegiatan di Jembatan Siti Nurbaya dan Gunung Padang. Jadi, iven pertama ini hanya memakai nama Siti Nurbaya saja.

Jika nanti acara ini sukses, acara ini akan dilakukan tiap tahunnya, dan tak tertutup kemungkinan pada tahun depan dilakukan di kawasan Jembatan Siti Nurbaya dan Gunung Padang,” ujar Suardi.

Suardi menjelaskan, dalam Festival Siti Nurbaya ini melibatkan 104 kelurahan di Kota Padang yang akan mengikuti lomba manggiliang lado, lomba kukua karambia, lomba malamang, lomba juice pinang dan lomba sandal tampuruang.

Untuk pawai bendi dan maarak jamba diikuti oleh 11 kecamatan di Kota Padang.

Sedangkan untuk peserta umum hanya dibuka untuk lomba pe­milihan Siti Nurbaya dan Syamsul Bahri, lomba baju kuruang basiba dan festival nyanyi minang.

“Untuk lomba maelo pukek, akan diikuti oleh warga yang berada di pesisir Kota Padang. Sampai saat ini telah 15 tim yang mendaftar. Sementara untuk festifal Randai, baru 6 tim dari Kota Padang yang telah mendaftar, ditambah 3 peserta dari luar Kota Padang, yakni dari Kabupaten Agam, Kota Paya­kumbuah dan dari Batusangkar Kabupaten Tanah Datar,” jelas Suardi.
 
 
Share this article :